Senin, 15 April 2013

Rahasia Sukses Berbisnis Kuliner

     Veronica Ratna Ningrum, seorang klien dari Personal Branding Agency, Indscript Creative akan berbagi rahasia bagaimana bisa melesatkan bisnis kuliner di tengah maraknya persaingan bisnis kuliner di Indonesia belakangan ini. Selain seorang woman marketer, Veronica Ratna Ningrum juga pernah membesarkan bisnis katering bersama seorang kawan. Kini Vey Catering telah memiliki banyak pelanggan dari perusahaan-perusahaan besar. Veronica pun tidak enggan untuk berbagi ilmu pada calon klien-kliennya yang memiliki bidang usaha kuliner.
sumber gambar
     Sebagai mana kita ketahui bersama bahwa kini kuliner/makanan bukan lagi suatu kebutuhan pokok namun telah bergeser menjadi kebutuhan rekreatif. Di media massa pun sering ditayangkan wisata-wisata kuliner yang enak di seluruh Indonesia. Para wanita di jaman ini lebih banyak yang menjadi ibu bekerja sehingga menu makan diluar ataupun katering menjadi pilihan makan sehari-hari. Perusahaan-perusahaan pun membutuhkan supply untuk kegiatannya seperti meeting, gathering atau jamuan untuk tamu perusahaan. Peluang-peluang dalam bisnis kuliner ini begitu besar sehingga kini bisnis kuliner ini bisa diperhitungkan menjadi suatu bisnis yang sangat menjanjikan.
      Tak heran apabila kini bisnis kuliner menjadi primadona, pilihan usaha bagi sebagian besar orang. Namun demikian menurut Veronica Ratna Ningrum, ketika bisnis ini menjadi primadona, maka banyaknya pesaing bukanlah sebuah penghalang seorang pengusaha makanan untuk meraih sukses, melainkan justru menjadi pemacu supaya produk yang diciptakan atau disajikan menjadi lebih bernilai, inovatif serta lebih diburu. Pesaing adalah pemicu kesuksesan. Produk kuliner ini haruslah diberi sentuhan konsep yang cemerlang, solusi serta eksekusi dari strategi marketingnya.
       Kita harus dapat mengambil nilai positifnya, bahwa keanekaragaman produk pesaing justru dapat mengedukasi pasar. Namun demikian pilihan tetap merupakan hak konsumen. Konsumen cerdas akan tahu mana produk berkualitas.  Selain kualitas ada beberapa hal yang juga menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk memilih produk diataranya rasa, popularitas bahkan lokasi yang strategis. Jadi jangan ragu untuk memulai berbisnis kuliner. Bahkan ada penjual nasi bungkus yang kini telah sukses, melalui promosi aktif di media internet. Bahkan beliau sering mendapatkan telepon dari perusahaan yang ingin menjadikannya klien untuk tender-tender besar di daerah. Selamat mencoba.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar