Senin, 15 April 2013

Mengemas Produk dalam Sebuah Strategi Marketing

    Bagi para pelaku usaha, banyak hal yang dapat kita pelajari dari seorang woman marketing Indonesia yaitu Veronica Ratna Ningrum, yang merupakan klien dari Personal Branding Agency milik Indscript Creative. Sebagai seorang konsultan mareketer, Veronica Ratna Ningrum memiliki banyak ide-ide segar yang dapat juga dilakukan oleh marketer lain, tentunya dengan kekhasan masing-masing.
    Dalam marketing ada yang disebut dengan bauran pemasaran (Marketing Mix) yang dikenal dengan 4P yaitu Product, Price, Place, Promotion. Seiring kemajuan jaman Marketing Mix bertambah menjadi 8Ps yaitu Product elements, Place, cyberspace, and time, Promotion and education, Price and other user outlays, Process, Productivity and quality, People, and Physical evidence. Menurut Veronica Ratna Ningrum, kita harus menentukan dulu ide produknya, maka bersamaan dengan itu akan ada cara untuk mengemasnya dalam sebuah strategi marketing. 
      Sebagai pelaku usaha, baik sebagai produsen maupun sebagai seller kita memang harus mengenal betul apa dan bagaimana produk yang kita ingin kenalkan kepada pasar. Untuk itu sebelumnya kita harus melakukan riset mengenai apa yang menjadi kebutuhan pasar sehingga kita bisa dengan tepat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Hal ini menjadi penting untuk menentukan langkah selanjutnya dalam strategi marketing.      
Sumber Gambar
   Setelah informasi tentang produk kita ketahui selanjutnya adalah memberikan sentuhan pada produk tersebut agar memiliki nilai plus di mata konsumen. Bisa jadi produk kita sudah banyak di pasaran,  untuk itu kita perlu memberinya sesuatu yang berbeda dari produk sejenisnya. Hal ini dapat membuat konsumen tertarik pada produk kita dan beralih ke produk kita.
      Saat produk kita telah menjadi produk yang spesial, maka yang perlu kita lakukan adalah menjaga kualitasnya secara terus menerus. Jangan sampai kepercayaan konsumen pada produk kita menjadi berkurang karena kelalaian kita dalam quality control. Kita juga bisa terus melakukan inovasi dan memberi nilai-nilai tambah lagi pada produk kita agar konsumen semakin loyal pada produk kita. 
      Setelah tiga hal penting tersebut kita lakukan, maka kita bisa meraih sukses atas apa yang telah kita usahakan pada produk kita. Kita telah mengemasnya dalam sebuah strategi marketing sehingga diharapkan produk kita akan menjadi pioneer bagi produk-produk sejenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar