Marketing atau pemasaran adalah suatu proses untuk mendekatkan produk
yang telah dihasilkan oleh pelaku bisnis ke konsumen. Tujuannya adalah
agar produk tersebut dapat dengan mudah diakses oleh konsumen atau dapat
digunakan mereka secara tepat untuk memenuhi kebutuhan. Bagian
marketing ini memang merupakan bagian yang sangat penting dan krusial
dalam bisnis yang dijalankan karena menentukan keberhasilan dari bisnis
tersebut. Marketing merupakan garda terdepan untuk kelangsungan hidup sebuah usaha.
Marketing juga berbeda dengan sales. Namun sales adalah bagian dari salah satu teknik marketing. Seorang marketer harus lihai dalam menyusun sebuah strategi marketing agar produk yang dimiliki bisa diterima oleh pasar dengan baik. Sebagai seorang womenmarketer, Veronica Ratna Ningrum, yang juga merupakan salah satu klien Personal Branding Agency, Indscript Creative, menekankan akan pentingnya olah marketing untuk melesatkan sebuah bisnis. Olah marketing disini dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu dari pihak produsen dan juga dari pihak konsumen. Dari pihak produsen haruslah memperhatikan beberapa hal, yaitu tempat, kualitas produk,
harga, hingga pola promosi. Tempat haruslah strategis yaitu yang mudah diakses konsumen, kwalitas harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen, harga harus terjangkau oleh konsumen dan sesuai dengan manfaatnya, juga pola promosi haruslah dapat lebih mendekatkan konsumen pada produk sehingga konsumen pasti apa manfaat dan keunggulan produk tersebut dibanding produk lain yang sejenis.
Dari pihak konsumen, hal yang harus diperhatikan adalah usaha untuk
memenuhi apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen tersebut,
kenyamanan konsumen terhadap produk yang dihasilkan, hal ini lebih
berkaitan pada rasa puas yang dirasakan oleh konsumen setelah
menggunakan produk tersebut. Dengan adanya rasa puas ini maka akan
timbul perasaan untuk kembali menggunakan produk ini. Semua hal ini harus diramu dan diolah dengan benar dan tepat oleh pihak
perusahaan terutama bidang marketing. Olahan inilah nantinya yang akan menjadi
salah satu kunci keberhasilan produk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar