Marketing merupakan bagian terpenting dari sebuah usaha atau bisnis,
sebagai garda terdepan untuk kelangsungan hidup sebuah usaha. Untuk itu,
posisi marketing dalam sebuah bisnis mutlak harus dipegang oleh orang
yang luwes dalam berinteraksi, baik dalam soal bisnis maupun hubungan
sosial.
Ahli marketing di Indonesia sebagian besar masih didominasi oleh
pria. Jarang terlihat marketer wanita yang menonjol dan diperhitungkan
kiprahnya. Padahal sebenarnya, kebanyakan wanita yang lebih mendominasi
dalam dunia marketing. Ahli marketing wanita biasanya memiliki kepekaan
membaca peluang pasar, keluwesan berinteraksi secara sosial, serta
memiliki kemampuan dalam menentukan sebuah strategi pemasaran yang tepat
untuk sebuah produk. Hal inilah yang membuat wanita memiliki peluang
besar untuk tampil ke permukaan sebagai ahli marketing.
Veronica Ratna Ningrum
adalah salah seorang Woman Marketer yang berhasil membuktikan, bahwa
sentuhan kreatif wanita mampu memberi warna lain dalam pemasaran produk.
Kepiawaiannya merancang suatu konsep strategi pemasaran dan
mengeksekusi strategi pemasaran, mengantarnya menjadi seorang
WomanMarketer Indonesia yang mulai diperhitungkan.
Menurut Veronica, sentuhan seorang Woman Marketer akan memberikan
nuansa yang khas, sebab biasanya wanita lebih tekun dan detil, serta
lebih luwes dalam memperkenalkan produk yang dijual. Sementara bagi
Veronica sendiri, selain diuntungkan oleh keluwesannya dalam
berinteraksi dengan klien maupun orang lain, dia juga diuntungkan oleh
dedikasinya saat menggarap strategi pemasaran sebuah produk. Tidak ada
istilah setengah-setengah bagi Veronica, ketika dia mengerjakan sebuah
proyek bagi kliennya. Veronica menempatkan kepuasan konsumen di atas
segalanya. Baginya, konsumen harus diperlakukan sebagai raja. Dan
sebagaimana layaknya seorang raja, mereka harus mendapatkan perlakuan
istimewa.
Menurut Veronica, layanan terbaik bagi klien tidak saja menyangkut
soal kualitas produk, namun juga sikap. Seorang marketer perlu memahami
cara memperlakukan orang lain dengan baik dan membuat mereka merasa
nyaman. Marketer yang baik juga bertindak sebagai problem-solver, yang mampu membuat keputusan serta menyediakan solusi jika terjadi masalah di lapangan. Demikianlah sentuhan Midas ala Veronica, sang Woman Marketer bermasa
depan cerah ini, dalam menyediakan solusi bagi strategi marketing bagi
setiap kliennya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar