Jumat, 29 Maret 2013

Mengemas Ide dan Kreativitas Marketing ala Veronica



            Dalam menjual suatu produk tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan atau kemasan dapat menjadi faktor yang berpengaruh pada nilai jual. Kemasan yang menarik akan lebih mudah dalam menarik perhatian konsumen. Setiap produk sangat perlu memperhatikan strategi marketing ini. Sebab sebuah produk yang paling bagus sekalipun bila tidak dikemas dengan baik akan kurang menghasilkan keuntungan maksimal bagi perusahaan, namun produk yang sebenarnya biasa-biasa saja bila yang dikemas dengan baik, akan mudah membuat pelanggan tertarik sehingga keuntungan pun mudah diperoleh.
            Produk yang memiliki keunikan dibanding produk sejenis pastilah mampu mendapatkan tempat tersendiri di hati pelanggannya. Sehingga dalam dunia bisnis seringkali yang berhasil adalah yang dapat mencetuskan ide-ide yang mampu menjadi pioneer daripada yang sekedar ikut-ikutan saja. Untuk itu agar seorang pebisnis haruslah mengenal betul bisnis yang digelutinya agar dapat diciptakanlah keunggulan produknya dibanding produk lainnya.
            Saat keunggulan produk sudah dimiliki maka selanjutnya bisa diterapkanlah strategi marketing yang mampu meyakinkan calon customer memutuskan untuk membeli. Hal ini membutuhkan ide dan kreativitas yang menarik dan unik. Seorang marketer biasanya sangat jeli dalam memberikan sentuhan kreativitas ini. Veronica Ratna Ningrum yang telah berpengalaman memberikan sentuhan midasnya pada produk kliennya ingin memberikan beberapa panduan dalam mengemas ide dan kreativitas untuk memasarkan produk, diantaranya :
1.      Mengetahui dengan tepat apa yang dibutuhkan oleh konsumen agar bisa digunakan untuk menentukan langkah selanjutnya. Hal ini bisa dilakukan melalui riset pasar sendiri, atau melalui lembaga khusus riset bisnis. Ketika informasi sudah dirasa cukup, maka hasil riset tersebut dianalisa dan digunakan untuk menentukan strategi marketing.
2.      Mengemas produk menjadi spesial, yaitu menjadikannya berbeda dengan yang lain atau memiliki keistimewaan dibandingkan dengan produk lainnya. Sehingga produk tersebut akan dapat tampil lain dari yang lain, dan memberikan nilai tambah bagi produk tersebut.
3.      Menjaga kualitas dari produk. Bagian ini juga merupakan aspek yang penting bagi sebuah produk. Jangan sampai loyalitas konsumen yang sudah terbangun kepada sebuah produk, menjadi hilang karena kualitasnya menurun. Usaha untuk menjaga kualitas produk harus terus dilakukan oleh perusahaan, dengan cara melakukan inovasi dan menambah nilai manfaat dari produk tersebut.
            Hal ini serupa juga dengan apa yang telah dilakukan Indscript Creative melalui program Personal Brandingnya. Melalui Personal Branding Agency ini seorang marketer sehandal Veronica RatnaNingrum, yang notabene sudah berkwalitas, dikemas lebih menarik lagi agar dapat dikenal luas oleh para pebisnis di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar