Dalam
menjual suatu produk tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan atau kemasan dapat
menjadi faktor yang berpengaruh pada nilai jual. Kemasan yang menarik akan
lebih mudah dalam menarik perhatian konsumen. Setiap produk sangat perlu
memperhatikan strategi marketing ini. Sebab sebuah produk yang paling bagus
sekalipun bila tidak dikemas dengan baik akan kurang menghasilkan keuntungan
maksimal bagi perusahaan, namun produk yang sebenarnya biasa-biasa saja bila
yang dikemas dengan baik, akan mudah membuat pelanggan tertarik sehingga
keuntungan pun mudah diperoleh.
Produk yang memiliki
keunikan dibanding produk sejenis pastilah mampu mendapatkan tempat tersendiri
di hati pelanggannya. Sehingga dalam dunia bisnis seringkali yang berhasil
adalah yang dapat mencetuskan ide-ide yang mampu menjadi pioneer daripada yang sekedar ikut-ikutan saja. Untuk itu agar
seorang pebisnis haruslah mengenal betul bisnis yang digelutinya agar dapat
diciptakanlah keunggulan produknya dibanding produk lainnya.
Saat keunggulan produk
sudah dimiliki maka selanjutnya bisa diterapkanlah strategi marketing yang
mampu meyakinkan calon customer
memutuskan untuk membeli. Hal ini membutuhkan ide dan kreativitas yang menarik
dan unik. Seorang marketer biasanya sangat jeli dalam memberikan sentuhan
kreativitas ini. Veronica Ratna Ningrum yang telah berpengalaman memberikan
sentuhan midasnya pada produk kliennya ingin memberikan beberapa panduan dalam
mengemas ide dan kreativitas untuk memasarkan produk, diantaranya :
1.
Mengetahui
dengan tepat apa yang dibutuhkan oleh konsumen agar bisa digunakan untuk
menentukan langkah selanjutnya. Hal ini bisa dilakukan melalui riset pasar
sendiri, atau melalui lembaga khusus riset bisnis. Ketika informasi sudah
dirasa cukup, maka hasil riset tersebut dianalisa dan digunakan untuk
menentukan strategi marketing.
2.
Mengemas
produk menjadi spesial, yaitu menjadikannya berbeda dengan yang lain atau
memiliki keistimewaan dibandingkan dengan produk lainnya. Sehingga produk
tersebut akan dapat tampil lain dari yang lain, dan memberikan nilai tambah
bagi produk tersebut.
3.
Menjaga
kualitas dari produk. Bagian ini juga merupakan aspek yang penting bagi sebuah
produk. Jangan sampai loyalitas konsumen yang sudah terbangun kepada sebuah
produk, menjadi hilang karena kualitasnya menurun. Usaha untuk menjaga kualitas
produk harus terus dilakukan oleh perusahaan, dengan cara melakukan inovasi dan
menambah nilai manfaat dari produk tersebut.
Hal ini serupa juga dengan apa yang
telah dilakukan Indscript Creative melalui program Personal Brandingnya.
Melalui Personal Branding Agency ini seorang marketer sehandal Veronica RatnaNingrum, yang notabene sudah berkwalitas, dikemas lebih menarik lagi agar dapat
dikenal luas oleh para pebisnis di seluruh Indonesia bahkan dunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar