Sabtu, 16 Maret 2013

10 Tips Cerdas Marketing

     Berikut ini adalah tips- tips cerdas marketing dari Veronica Ratna Ningrum, sang konsultan marketing. Kebetulan saya juga pelaku usaha nih, jadi bisa untuk mengevaluasi kinerja usaha saya selama ini dan menjadi masukan untuk pengembangan Babystuff Surabaya kedepannya. Simak Yuk !
10  Tips Cerdas Marketing ala Veronica Ratna Ningrum :
1. Jadilah mata-mata.
    Hal ini penting karena dengan menjadi mata-mata di pasar kita, kita bisa mengetahui bagaimana kondisi dan kebutuhan pasar. Kebutuhan pasar akan menuntun kesuksesan marketing kita. Kalau seorang pelaku marketing tidak mau tahu dengan kebutuhan pasar itu hanya akan memusakan dirinya sendiri namun tidak membawa keuntungan untuk usahanya.
2. Perlakukan Customer sebagai Raja.
    Slogan kuno yang masih sangat relevan untuk dipegang teguh oleh pelaku usaha. Sebagai raja, seorang customer harus diberikan pelayanan yang memuaskan. Apabila customer puas maka akan terjadi repeat order atau bahkan customer tersebut akan merekomendasikan usaha kita pada koleganya tanpa disuruh. Begitupun sebaliknya, apabila customer merasa kecewa atas pelayanan kita, bisa saja ia memberitahukan pada khalayak dan dapat berimbas buruk pada masa depan usaha kita.
3. Jadilah Eksekutor.
    Menurut Veronica, seorang pelaku marketing harus mampu menjadi eksekutor. Eksekutor tidak sekedar membuat sebuah keputusan, melainkan melakukan sebuah analisis mengenai suatu keputusan yang akan dilakukan.
4.  Pertajam INTUISI. 
   Pelaku marketing harus memiliki ketajaman intuisi. Dengan ketajaman intuisi, seorang pelaku marketing tahu bagaimana akan berbuat, bagaimana melakukan sebuah program agar bisa sukses, dan bagaimana memuaskan klien.
5. Lakukan Survey Pasar.
     Survei pasar menjadi salah satu bagian paling penting dalam dunia marketing. Dalam melakukan survey pasar, sertakan pula survey tentang tingkat kepuasan konsumen, pendapat konsumen mengenai produk kita, pendapat konsumen mengenai kualitas layanan dari perusahaan kita. Semua itu bermanfaat sebagai bahan evaluasi marketing serta untuk mencari formula terbaik guna membidik pasar yang potensial.
6. Lakukan SURVEI KOMPETITOR. 
    Terkadang seorang pemilik usaha lupa bahwa di luar usaha yang diciptakannya, terdapat kompetitor atau pesaing. Dengan melakukan survey, kita dapat menciptakan keunikan atau kelebihan bisnis kita agar tampil berbeda dari pesaing. Menerapkan harga yang bersaing, menaikkan sisi nilai tambah produk, atau memperbaiki kemasan, adalah beberapa trik untuk menciptakan keunikan produk serta menjaring minat konsumen.
7. Ciptakan PEMASAR BAYANGAN. 
      Di dalam dunia marketing, ini dikenal dengan istilah Ghost Marketing. Pemasar bayangan ini akan mempromosikan kehadiran produk kita secara tidak langsung, dan menciptakan kesan positif dari produk tersebut, sehingga massa mengenali produk kita.
8. Telurkan INOVASI. 
   Lakukan dan buatlah selalu inovasi pemasaran. Inovasi dalam strategi pemasaran sangat menunjang kesuksesan bisnis.
9. Jadikan mereka KONSUMEN LOYAL. 
   Memelihara customer seperti raja dengan cara mendengarkan pendapat mereka, menyediakan solusi bagi kebutuhannya, dan senantiasa memberikan layanan terbaik. Dengan cara tersebut, customer akan betah dan tidak akan berpindah ke lain hati.
10. Berikan EVALUASI. 
     Jika Anda bekerja dalam tim, maka berikanlah masukan kepada tim produksi atau penyedia barang dan jasa, agar kualitas produk yang dijual dapat terus meningkat.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar