Berikut ini adalah tips- tips cerdas marketing dari Veronica Ratna Ningrum, sang konsultan marketing. Kebetulan saya juga pelaku usaha nih, jadi bisa untuk mengevaluasi kinerja usaha saya selama ini dan menjadi masukan untuk pengembangan Babystuff Surabaya kedepannya. Simak Yuk !
10 Tips Cerdas Marketing ala Veronica Ratna Ningrum :
1. Jadilah mata-mata.
Hal ini penting karena dengan menjadi mata-mata di pasar kita, kita bisa mengetahui bagaimana kondisi dan kebutuhan pasar. Kebutuhan pasar akan menuntun kesuksesan marketing kita. Kalau seorang pelaku marketing tidak mau tahu dengan kebutuhan pasar itu hanya akan memusakan dirinya sendiri namun tidak membawa keuntungan untuk usahanya.
2. Perlakukan Customer sebagai Raja.
Slogan kuno yang masih sangat relevan untuk dipegang teguh oleh pelaku usaha. Sebagai raja, seorang customer harus diberikan pelayanan yang memuaskan. Apabila customer puas maka akan terjadi repeat order atau bahkan customer tersebut akan merekomendasikan usaha kita pada koleganya tanpa disuruh. Begitupun sebaliknya, apabila customer merasa kecewa atas pelayanan kita, bisa saja ia memberitahukan pada khalayak dan dapat berimbas buruk pada masa depan usaha kita.
3. Jadilah Eksekutor.
Menurut Veronica, seorang pelaku marketing harus mampu menjadi
eksekutor. Eksekutor tidak sekedar membuat sebuah keputusan, melainkan
melakukan sebuah analisis mengenai suatu keputusan yang akan dilakukan.
4. Pertajam INTUISI.
Pelaku marketing harus memiliki ketajaman intuisi.
Dengan ketajaman intuisi, seorang pelaku marketing tahu bagaimana akan
berbuat, bagaimana melakukan sebuah program agar bisa sukses, dan
bagaimana memuaskan klien.
5. Lakukan Survey Pasar.
Survei pasar menjadi salah satu bagian paling penting dalam dunia
marketing. Dalam melakukan survey pasar, sertakan pula survey tentang
tingkat kepuasan konsumen, pendapat konsumen mengenai produk kita,
pendapat konsumen mengenai kualitas layanan dari perusahaan kita. Semua
itu bermanfaat sebagai bahan evaluasi marketing serta untuk mencari
formula terbaik guna membidik pasar yang potensial.
6. Lakukan SURVEI KOMPETITOR.
Terkadang seorang pemilik usaha lupa
bahwa di luar usaha yang diciptakannya, terdapat kompetitor atau
pesaing. Dengan melakukan survey, kita dapat menciptakan keunikan atau
kelebihan bisnis kita agar tampil berbeda dari pesaing. Menerapkan harga
yang bersaing, menaikkan sisi nilai tambah produk, atau memperbaiki
kemasan, adalah beberapa trik untuk menciptakan keunikan produk serta
menjaring minat konsumen.
7. Ciptakan PEMASAR BAYANGAN.
Di dalam dunia marketing, ini dikenal dengan istilah Ghost Marketing.
Pemasar bayangan ini akan mempromosikan kehadiran produk kita secara
tidak langsung, dan menciptakan kesan positif dari produk tersebut,
sehingga massa mengenali produk kita.
8. Telurkan INOVASI.
Lakukan dan buatlah selalu inovasi pemasaran.
Inovasi dalam strategi pemasaran sangat menunjang kesuksesan bisnis.
9. Jadikan mereka KONSUMEN LOYAL.
Memelihara customer seperti
raja dengan cara mendengarkan pendapat mereka, menyediakan solusi bagi
kebutuhannya, dan senantiasa memberikan layanan terbaik. Dengan cara
tersebut, customer akan betah dan tidak akan berpindah ke lain hati.
10. Berikan EVALUASI.
Jika Anda bekerja dalam tim, maka berikanlah
masukan kepada tim produksi atau penyedia barang dan jasa, agar kualitas
produk yang dijual dapat terus meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar