Rabu, 01 Mei 2013

Pelanggan adalah Raja



sumber gambar

     Bagi Veronica Ratna Ningrum, womenmarketer Indonesia yang menjadi  klien Personal Branding Agency di Indscript Creative, memahami siapa pelanggan utama bisnisnya, adalah bagian yang tak terpisahkan dari prinsip menjadikan pelanggan sebagai raja. Pameo Pelanggan adalah Raja sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Pelanggan menjadi orang terpenting dalam sebuah bisnis. Maka memahami karakteristik pelanggan utama menjadi salah satu syarat kesuksesan dari sebuah bisnis. Sukses tidaknya sebuah bisnis, sangat tergantung dari cara kita menghadapi pelanggan. Kita perlu sekali untuk memperhatikan kebutuhan pelanggan dan memberikan layanan yang terbaik.
    Dengan memahami karakteristik pelanggan kita dapat menetukan strategi marketing dan memberikan layanan terbaik bagi mereka. Menurut Veronica, ada sejumlah karakteristik pelanggan utama yang perlu diketahui oleh setiap pelaku bisnis, yakni informasi dasar tentang pelanggan seperti siapa mereka, kisaran usia, penghasilan, tempat tinggal dan sebagainya. Database pelanggan menjadi penting untuk ditata rapi dan sistematis sehingga kita tetap dapa berinteraksi dengan baik dan memberikan informasi terkini dari perusahaan kita.
      Hal selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah bidang atau bisnis yang mereka jalankan, termasuk siapa saja klien mereka, dan bagaimana mereka menjalankan bisnis tersebut. Dengan demikian, kita akan tahu layanan jasa atau produk seperti apa yang tepat bagi mereka. Mengetahui pula hal-hal yang mereka sukai. Masing-masing pelanggan memiliki kesukaan atau hobi yang unik. Jika kita memahami apa yang mereka sukai, akan mudah untuk merancang program rewards atau program marketing lainnya guna membentuk loyalitas pelanggan.
sumber gambar
       Bahkan kita harus dapat memahami problem yang mereka hadapi. Setiap pebisnis, termasuk kita, tidak semata-mata menawarkan sebuah produk atau jasa kepada pelanggan. Namun kita juga menawarkan solusi bagi problem yang dihadapi pelanggan. Dengan memahami problem mereka, kita dapat merancang program maupun produk yang lebih tepat.
    Apabila semua karakteristik telah kita jadikan database, maka selanjutnya tinggal menyusun strategi marketingnya. Apabila strategi marketing telah tepat maka bisa dipastikan pelanggan akan menjadi pelanggan setia atau loyal customer. Mereka akan merasa sangat dihargai dan dianggap sebagai raja. Mereka senang, kita pun senang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar