sumber gambar |
Bagi
Veronica Ratna Ningrum, womenmarketer Indonesia yang menjadi klien Personal Branding Agency di Indscript Creative, memahami siapa pelanggan utama bisnisnya, adalah bagian yang tak
terpisahkan dari prinsip menjadikan pelanggan sebagai raja. Pameo Pelanggan
adalah Raja sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Pelanggan menjadi orang
terpenting dalam sebuah bisnis. Maka memahami karakteristik pelanggan utama menjadi
salah satu syarat kesuksesan dari sebuah bisnis. Sukses tidaknya sebuah bisnis,
sangat tergantung dari cara kita menghadapi pelanggan. Kita perlu sekali untuk
memperhatikan kebutuhan pelanggan dan memberikan layanan yang terbaik.
Dengan memahami karakteristik
pelanggan kita dapat menetukan strategi marketing dan memberikan layanan
terbaik bagi mereka. Menurut Veronica, ada sejumlah karakteristik pelanggan
utama yang perlu diketahui oleh setiap pelaku bisnis, yakni informasi dasar
tentang pelanggan seperti siapa mereka, kisaran usia, penghasilan, tempat
tinggal dan sebagainya. Database pelanggan menjadi penting untuk ditata rapi
dan sistematis sehingga kita tetap dapa berinteraksi dengan baik dan memberikan
informasi terkini dari perusahaan kita.
Hal selanjutnya yang perlu kita
ketahui adalah bidang atau bisnis yang mereka jalankan, termasuk siapa saja
klien mereka, dan bagaimana mereka menjalankan bisnis tersebut. Dengan
demikian, kita akan tahu layanan jasa atau produk seperti apa yang tepat bagi
mereka. Mengetahui pula hal-hal yang mereka sukai. Masing-masing pelanggan
memiliki kesukaan atau hobi yang unik. Jika kita memahami apa yang mereka
sukai, akan mudah untuk merancang program rewards atau program marketing
lainnya guna membentuk loyalitas pelanggan.
sumber gambar |
Bahkan kita harus dapat memahami problem
yang mereka hadapi. Setiap pebisnis, termasuk kita, tidak semata-mata
menawarkan sebuah produk atau jasa kepada pelanggan. Namun kita juga menawarkan
solusi bagi problem yang dihadapi pelanggan. Dengan memahami problem
mereka, kita dapat merancang program maupun produk yang lebih tepat.
Apabila semua karakteristik telah
kita jadikan database, maka selanjutnya tinggal menyusun strategi marketingnya.
Apabila strategi marketing telah tepat maka bisa dipastikan pelanggan akan
menjadi pelanggan setia atau loyal customer. Mereka akan merasa sangat dihargai
dan dianggap sebagai raja. Mereka senang, kita pun senang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar