Memahami karakteristik pelanggan utama adalah salah satu syarat kesuksesan sebuah bisnis. Demikian yang dikatakan oleh Veronica Ratna Ningrum. Veronica adalah seorang WomanMarketer yang telah sukses menangani berbagai program marketing bagi sejumlah lembaga perbankan, baik bank nasional maupun bank asing.
sumber gambar |
Veronica yang juga CEO dari PT Masterindo Multiguna
yang bergerak di bidang konsultan marketing ini, mengatakan lebih
lanjut, “Memahami karakteristik pelanggan ini sangat penting, sebab
tanpa itu, kita tidak mungkin dapat menentukan strategi marketing dan
memberikan layanan terbaik bagi mereka.”
Menurut Veronica, ada sejumlah karakteristik pelanggan utama yang perlu diketahui oleh setiap pelaku bisnis, yakni:
- Informasi dasar tentang pelanggan: siapa mereka, kisaran usia, kisaran penghasilan, lokasi tempat tinggal, atau lokasi bisnisnya. Milikilah database pelanggan yang tersistem dengan rapi, yang berisi semua informasi dasar tersebut beserta alamat kontak mereka. Kontak mereka dibutuhkan untuk tetap dapat berinteraksi dengan baik dan memberikan informasi terkini tentang sesuatu yang baru dari perusahaan Anda.
- Bidang atau bisnis yang mereka jalankan, termasuk siapa saja klien mereka, dan bagaimana mereka menjalankan bisnis tersebut. Dengan demikian, Anda akan tahu layanan jasa atau produk seperti apa yang tepat bagi mereka.
- Hal-hal yang mereka sukai. Masing-masing pelanggan memiliki kesukaan atau hobi yang unik. Jika kita memahami apa yang mereka sukai, akan mudah untuk merancang program rewards atau program marketing lainnya guna membentuk loyalitas pelanggan.
- Problem yang mereka hadapi. Setiap pebisnis, termasuk kita, tidak semata-mata menawarkan sebuah produk atau jasa kepada konsumen. Namun kita juga menawarkan solusi bagi problem yang dihadapi pelanggan. Dengan memahami problem mereka, kita dapat merancang program maupun produk yang lebih tepat.
Bagi Veronica, memahami siapa pelanggan utama bisnisnya, adalah
bagian yang tak terpisahkan dari prinsip menjadikan konsumen sebagai
raja. Lulusan Universitas Kristen Indonesia (UKI) jurusan Manajemen yang
meneruskan ilmu hingga ke Illinois-AS ini, senantiasa menekankan
perlunya memperhatikan kebutuhan konsumen dan memberikan layanan
terbaik. “Sebab sukses tidaknya sebuah bisnis, sangat tergantung dari
cara kita menghadapi konsumen,”
Press Release VR/III-01/30-Apr/2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar